Koperasi Karya Cipta Mandiri (KCM) melakukan Bina Kreatifitas Perempuan

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Tuesday, November 6, 2018

Koperasi Karya Cipta Mandiri (KCM) melakukan Bina Kreatifitas Perempuan

Kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Peran Serta Dan Kesetaraan Gender oleh DPMP3AKB Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Koperasi Karya Cipta Mandiri (KCM) melakukan Bina Kreatifitas Perempuan melalui Pelatihan Tata Boga di Aula Kelurahan Jelumpang Kecamatan Serpong Utara Kota Tangsel, Selasa (6/11-2018).
Usaha untuk meningkatkan peranan dan sumbangan wanita dalam pembangunan, termasuk menunjang perekonomian keluarga, ternyata kaum perempuan menyadari sepenuhnya meningkatkan taraf hidup dan kemajuan, sehingga terpenuhi kebutuhan spiritual dan materil.
Potensi kaum perempuan yang cukup besar jumlahnya itu mempunyai arti dan mengambil bagian secara aktif baik dalam pembangunan dan meningkatkan perekonomian keluarga.
Kegiatan yang diselengarakan ini di peruntukkan bagi kaum perempuan yang ingin membuka usaha atau menjadi pelaku usaha dan ingin mempunyai penghasilan dalam menopang ekonomi keluarga, diikuti sekitar 50 peserta.
Menurut Kabid. Pemberdayaan Perempuan DPMP3AKB Kota Tangsel, Hj. Yuspinah, S.Ip yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pelatihan ini merupakan suatu langkah penting dan perlu dilakukan dalam rangka untuk membentuk/ mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.
“Pelaku usaha atau para pemula ini ikut dalam kegiatan pelatihan agar para ibu-ibu rumah tangga itu punya penghasilan sendiri dalam menopang ekonomi keluarga,” katanya.
Ia menjeladkan, tujuan akhir yang ingin dicapai yaitu program pelatihan ini akan berdampak dalam meningkatkan keterampilan bidang usaha dan mempunyai sikap jiwa kewirausahaan dan diharapkan akan mampu mencipta- kan kemandirian baik dalam sikap maupun dalam berusaha.
“Program pelatihan ini nanti bertujuan agar perempuan mempunyai peningkatan dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga dapat mengaplikasi kan hasil belajarnya dalam pengelolaan usaha yang ditandai dengan melakukan wirausaha melalui peman-faatan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan,” pungkasnya.
Sementara itu, Koordinator mewakili Koperasi Karya Cipta Mandiri, Lilis Hariyanti mengatakan Koperasi KCM bekerjasama DPMP3AKB Kota Tangsel untuk memberikan pelatihan bagi para ukm pemula yang membutuhkan pelatihan pangan lokal khususnya pengolahan tepung Mokaf yaitu tepung singkong yang sudah di modifikasi.
“Koperasi KCM mempunyai tujuan untuk mengangkat pangan lokal khususnya tepung mokaf,” ujar Lilis.
Dalam pelatihan yang diikuti sekitar 50 peserta ini dibagi dalam 6 kelompok yang masing kelompok membuat masakan dengan resep Nungget Ayam Wortel Jagung dan Resep Nasi Bento.
“Untuk bahan Koperasi KCM juga menyediakan tepung mokaf untuk para anggotanya khususnya lagi bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar bu Lilis.
Dalam kegiatan ini juga bekerjasama dengan FWN School yaitu sekolah motivasi yang akan memberikan motivasi dalam bersaing ke UKM pemula yang nantinya akan siap bersaing di era digital.
“Movitasi ini penting bagi para pemula yang akan berbisnis baik secara online maupun konvensional, para UKM ini akan diberikan motivator oleh Alamsyah Zulkarnain dari FWN ini,” pungkasnya. (IsOne).
source: https://bidiktangsel.com

No comments

Post a Comment

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage